Hindari Kelangkaan pakan Ternak, Babinsa Sosialisasikan Pakan Permentasi

PENENGAHAN.  Pada musim tanam seperti sekarang ini hampir semua lahan pertanian ditanami oleh petani dan hal ini menjadi kendala bagi masyarakat yang mempunyai ternak untuk mendapatkan rumput ditambah lagi sering hujan dan  dan jumlah ternaknya banyak.

Seiring kemajuan pengetahuan, berbagai inovasi pakan ternak telah dilakukan, salah satunya adalah sistem fermentasi.

Serda Mujahidin, Anggota Koramil 421-03/Pnh  yang membina Desa  Way Kalam Kec. Penengahan Kab. Lampung Selatan berupaya mengajak warga yang memelihara ternak untuk mencoba membuat fermentasi pakan dari daun-daunan agar bisa disimpan untuk menjamin ketersediaan pakan.

Bapak Matsabah merespon gagasan tersebut karena memiliki 53 ekor kambing dan sudah merasa kuwalahan dalam pemberian pakan.

” Saya sangat terbantu dengan pakan fermentasi ini karena sangat meringankan beban dalam mencari pakan hijauan segar dan terimakasih pak TNI  yang telah mendampingi saya dalam membuat pakan fermentasi ini” Kata Matsabah.

“Menjadi contoh dan memelopori usaha-usaha untuk mengatasi kesulitan rakyat sekwlilingnya” merupakan  doktrin 8 wajib TNI yang seharusnya dilakukan oleh setiap Prajurit dimanapun bertugas.