Sejarah KODIM 0421/LS

No comment 282 views

PEJABAT DANDIM

Kodim 0421/Lamsel merupakan satuan kewilayahan yang berada dibawah kendali Korem 043/Gatam, yang mempunyai tugas pokok menyelenggarakan pembinaan teritorial, pembinaan satuan dan pembinaan perlawanan rakyat secara terus-menerus di wilayah untuk menciptakan ketahanan wilayah dalam rangka mendukung tercapainya tugas pokok Korem 043/Gatam.

Wilayah Kodim 0421/Lamsel Meliputi 2 Kabupaten yaitu Kabupaten Lampung Selatan (luas ± 200.678 Km²  yang terdiri dari 17 Kecamatan, dan Kabupaten Pesawaran (luas ± 117.400 Km² ) terdiri dari 7 Kecamatan. 

Makodim 0421/Lampung Selatan  berada di Kec. Kalianda yaitu Ibukota Kabupaten Lampung Selatan  dan membawahi  10 Koramil yang tersebar di wilayah Kabupaten Lampung Selatan dan Kabupaten Pesawaran.



SEKITAR PEMBENTUKAN 

Secara Historis di Kota Kalianda  pernah terjadi pertempuran yang sengit antara Pejuang kemerdekaan dengan penjajah, hal ini dibuktikan dengan adanya sejumlah Pahlawan yang gugur dalam pertempuran tersebut  yang  hingga saat ini nama-nama mereka masih dikenang dan  dimakamkan  di Taman Makam Pahlawan Kesuma Bangsa Kalianda.

Secara Geografis Kabupaten Lampung Selatan yang selanjutnya secara terbagi menjadi Kabupaten Pesawaran merupakan  pintu gerbang Jawa Sumatera sehingga tingkat kerawanan tinggi di segala bidang baik  Ideologi, Politik, Sosial, Budaya dan Pertahanan Keamanan.

Berdasarkan pertimbangan tersebut diatas itulah yang melatarbelakangi perlunya pembentukan Kodim di wilayah Lampung Selatan guna mendukung pelaksanaan tugas TNI-AD khususnya Korem 043/Gatam sebagai Komando Teritorial / Kewilayahan.


Pembentukan / Pemrakarsa   :   Pembentukan  Kodim 0421/Lamsel  diprakarsai oleh Pejabat Komandan Korem 043/Gatam pada saat itu yaitu Kolonel Inf Iskandar bersama Bupati Lampung Selatan  Bp. Dulhadi dimana saat itu Kantor Bupatinya masih berada di Rawa Laut Teluk Betung  Kodya Bandar Lampung.


Kapan dibentuk ? 

Kodim 0421/Lamsel dibentuk pada tanggal 28 Oktober 1979.  


Lokasi   :   Makodim 0421/Lamsel pertama kali dibentuk di Desa Candimas Kecamatan Natar  yang sampai saat ini  lokasi tersebut  menjadi  Markas Yonif 143/TWEJ. 

Pada tahun 1983 akhir  bangunan Kodim 0421 ditetapkan berlokasi di Kalianda  hingga saat ini.  Pembangunannya bersamaan dengan pembangunan Kantor Pemda Kabupaten Lampung Selatan yang pada saat itu Pejabat Bupatinya adalah Bp. Dulhadi dan pejabat Dandimnya adalah Letkol Inf Kuntoro. 


Keadaan saat dibentuk : 

Pimpinan  : Pejabat Dandim 0421/LS saat dibentuk adalah Letkol Inf Ismail Daud

Personel  : Kondisi personel saat dibentuk sangat kurang, pejabat Pasi Kodim pada saat dibentuk belum terisi  yang ada hanya Dandim dan Kasdim.

Organisasi/Kesatuan   :  

Pada awal pembentukan Kodim 0421/LS membawahi Kabupaten Lampung Selatan yang wilayahnya kemudian mekar menjadi Kabupaten Tanggamus dan Kabupaten Pesawaran.  Hingga tahun 1984 Kodim 0421/LS membawahi  18 Koramil.

Pembangunan kantor Makodim dan Rumah Dinas  menggunakan anggaran TNI-AD dengan tanah seluas  52.000  m²  yang dibeli dari  Hi Patih dkk 3 orang.  

Personel.   

Dalam perkembangannya, Jumlah Personel Kodim 0421/Lamsel terdapat kekurangan untuk personel Bintara bila dikaitkan dengan DSPP Kodim serta kebutuhan untuk mengisi jabatan Babinsa.  

Administatif Pemerintahan Daerah mengalami beberapa kali pemekaran mulai dari Kabupaten, Kecamatan dan Desa namun jumlah personel Kodim 0421/Lamsel dan Koramil jajaran relatif tetap .

Organisasi/Kesatuan  :  

Secara Organisasi perkembangan Kodim 0421/Lamsel  personel dan wilayahnya  terbagi pada saat terbentuknya Kabupaten Tanggamus yang kemudian diikuti dengan dibentuknya Kodim 0424/TGM.   

Wilayah Koramil yang masuk di Kabupaten Tanggamus yang meliputi  Koramil di Kota Agung,  Koramil di Kec. Talang Padang, Koramil di Kec. Pringsewu, Koramil di Kec. Pardasuka, Koramil di Kec. Cukuh Balak,   Koramil di  Sukoharjo, Koramil di Kec. Pagelaran dan Koramil di Kec. Gadingrejo.

Sampai Tahun 2010 Kodim 0421/Lamsel membawahi 10 Koramil (9 Definitif & 1 Persiapan)  yang mecakup wilayah  2 Kabupaten  dan   24 Kecamatan.


Materiil  :  Materiel yang berupa Ranmor, Alkapsat & Perumahan Dinas secara bertahap mendapat dukungan dari Komando Atas. Disamping itu bantuan yang diberikan oleh Pemerintah Daerah 


PENGABDIAN

Pada th. 1987- 1989 Kodim 0421/Lamsel mendapat penghargaan karena telah berhasil melakukan penertiban masyarakat yang menghuni Kawasan Hutan Lindung.  Atas keberhasilan tersebut Kodim 0421/Lamsel mendapatkan kendaraan dinas Dandim berupa Daihatsu TAFT GT yang sampai dengan tulisan ini dibuat kendaraan tersebut   masih digunakan sebagai Kendaraan dinas Kasdim 0421/Lamsel.

Pada  tanggal 20 April 2009  dilaksanakan Panen Raya Padi Hibrida Bernas Prima di Desa Sukaraja Kec. Palas Kab. Lamsel oleh Kasad Jendral TNI Agustadi Sasongko Purnomo. Sawah tersebut merupakan lahan percontohan yang diprakarsai Kodim 0421/Lamsel kerjasama  dengan  PT. S A S  dalam mensosialisasikan kepada  Kelompok  Tani untuk  menanam  padi Hybirida Bernas Prima,   dengan  harapan  kesejahteraan para petani  dapat meningkat. Hal ini dalam rangka peningkatan ketahanan pangan masyarakat.

Pada tahun 2009 Kodim 0421/Lamsel mendapat penghargaan dari Bupati Lamsel  di bidang Penghijauan atas keberhasilan Kodim 0421/Lamsel  menanam ribuan pohon Trembesi dan Hitaulo di  komplek-kompleks perkantoran, sekolah dan sarana umum  lainnya yang masih gersang.  


PENUTUP

Secara umum dari waktu ke waktu pelaksanaan tugas pokok Kodim 0421/Lamsel dapat berjalan sesuai program kerja Korem 043/Gatam meskipun menghadapi berbagai hambatan dalam pelaksanaanya namun hambatan tersebut dapat di eliminir seminimal mungkin.

Demikian Sejarah satuan ini dibuat sebagai gambaran sekilas tentang Kodim 0421/LS.